Jumat, 31 Mei 2013


PROPOSAL                           
PEMBANGUNAN MASJID AL HIKMAH DAN GEDUNG TKA-TPA-
MADRASAH DINIYAH
AL MUHSIN

LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM AL MUHSIN
Bunder Pedukuhan IV, Banaran, Galur, Kulonprogo, DIY
HP:085868643483, 081804181768, 081931716881
Email: Tpa.almuhsin@yahoo.com Facebook Tpa Al-Muhsin Bunder,
Website: lpialmuhsinjogja.wordpress.com 


Rekening
                BRI:atas nama Lembaga Pendidikan Islam Al Muhsin. No rek : 6923-01-010906-53-7
                BPD DIY:atas nama Lembaga Pendidikan Islam Al Muhsin. No. rek:021.231.001672                                                                    
                BCA:atas nama Ari Gunawan, S.Pd.I atau Suwandi. No. rek: 8025053369



KATAPENGANTAR

Assalaamualaikum Warohmatullohi Wabarokaatuh

Segala puji bagi Alloh yang telah memberikan seluruh nikmat-Nya kepada kita semua.Sholawat serta salam senantiasa akan tercurah kepada Rosululloh dan semoga tercurah kepada seluruh keluarga beliau sertakepada parasahabatnya dan kitasebagai ummatnya. Alloh berfirman:

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya dijalan Allaha dalah  serupa  dengan  sebutir beniyang  menumbuhkan tujuh  bulir,  pada  tiap-tiap  bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Diakehendaki. danAllah Maha Luas (karunia-Nya ) lagi Maha mengetahui”.(QS. Al Baqoroh[2]:261)

“Sesungguhnya orang-orang yang   membenarkan (Allah  dan Rasul-Nya baik laki-laki maupun perempuan      dan          meminjamkan  kepada Allah    pinjaman yangbaik,     niscaya akan dilipatgandakan (pembayarannya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.(QS.Al- Hadid[57]:18)

Sungguh Alloh telah menjelaskan dalam Firman-Nya diatas betapa besarnya  balasan bagi orang- orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, di antaranya adalah untuk biaya pembangunan masjid, biaya pendidikan, pembangunan sarana dan prasarana pendidikan,  rumah sakit, danlain-lain.

Atas dasar itulah kami dari LEMBAGA PENDIDIKAN  ISLAM  Al MUHSIN ingin ikut andil dan berperan serta dalam membantu upaya mencerdaskan generasi yang akan datang dengan mengupayakan pembangunan MASJID AL-HIKMAH DAN GEDUNG TKA-TPA, MADRASAH DINIYAH AL MUHSIN.

Demikian kata pengantar dari kami, dengan berharap kepada Alloh Subhanahuwataalaagar kita semua bisa saling bahu membahu dan tolong-menolong dalam rangka mewujudkan usaha mulia ini.

Wassalaamualikum Warohmatullohi Wabarokaatuh

Hormatkami,

LEMBAGA PEDIDIKAN ISLAM AL MUHSIN


PROGRAM PEMBANGUNAN
MASJID AL HIKMAH DAN GEDUNG TKA-TPA-MADRASAH DINIYAHAL MUHSIN

a)   Latar Belakang.
            Lembaga Pendidikan Islam Al Muhsin bermula dengan berdirinya Taman Kanak-kanak Al-Quran-Taman Pendidkan Al Quran Al Muhsin pada tanggal   2 Januari 1993 (Piagam Syukur nomor 056/03/XII/’93 dari Yayasan Team Tadarus AMM Yogyakarta selaku Balai Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengajaran Baca Tulis Al -Quran LPTQ Nasional di Yogyakarta ).  Dalam sejarahnya TKA-TPA Al Muhsin telah mengalami pasang surut gelombang dakwah. Dalam menapaki lika-liku kehidupan dakwah, Alhamdulillah TPA Al Muhsin telah mengantarkan santrinya dengan prestasi di Festival Anak Shaleh Indonesia tingkat Nasional sebanyak 4 (empat) kali dan manfaat dari pendidikan yang diselenggarakannya  telah bisa dirasakan dengan munculnya alumni-alumni Al Muhsin sebagai penggerak-penggerak di dunia Dakwah.
            Perjuangan panjang akhirnya membuahkan hasil, pada tanggal   18 Desember  2010 TKA-TPA Al Muhsin mendapatkan status terakreditrasi A dari Tim Akreditrasi BADKO TKA-TPA DIY (Piagam akreditrasi Nomor 005/BADKO-DIY/II/KP/XII/2010  ), dan 2 (dua) tahun sesudah itu  bertepatan dengan tanggal  1 Muharram 1434 H/ 15 November 2012 bertempat di Gedung Sasano Hinggil Dwi Abad Kraton Yogyakarta bersamaan dalam acara Haflah Jkatmil Quran santri pasca TPA se DIY TPA Al Muhsin mendapat anugerah predikat TPA Percontohan 1 Daerah Istimewa Yogyakarta dalam lomba Manajemen pengelolaan dan administrasi TPA DIY    dengan Piagam penetapan Nonmor 001/BADKO-DIY/II/XI/2012.
     Bermodalkan hal tersebut dan juga desakan faktor kebutuhan dimana saat ini santri yang belajar di TKA-TPA-TQA Al Muhsin telah berjumlah 214 santri, Pengurus bertekad bulat membangun gedung sebagai tempat belajar santri. Berkat doa dari semua pihak, al hamdulillah TKA-TPA Al Muhsin mendapatkan tanah wakaf dari bapak Budi Harjono seluas 1800 m2. Bermodalkan tekad membangun gedung tersebut yang bertemu dengan tekad dan cita-cita warga untuk memiliki masjid sendiri yang berada di atas tanah wakaf pengurus TPA Al Muhsin dan Warga Masyarakat berencana membangun Masjid dan Gedung TKA-TPA-Madrasah Diniyah Al Muhsin. Untuk merealisasikan hal tersebut dan untuk menaungi proses pendidikan agar semakin tertata semaga Lembaga Pendidikan modern yang berkwalitas dibentuklah Lembaga Pendidikan Islam Al Muhsin (Akta Notaris ahmad Dien Prawirakarsa Nomor 07/2013  tanggal 22 Januari 2013) yang selanjutnya membentuk panitia Pembangunan Masjid Al Hikmah dan Gedung TKA-TPA-Madrasah Diniyah Al Muhsin.

b)   Deskripsi Program
                   Pembangunan   Masjid merupakan realisasi dari komitment beribadah dan kesadaran dalam membangun Umat yang dicontohkan oleh Rasulullah untuk senantiasa dimulai dari masjid.Masjid adalah pusat kegiatan umat, sehingga masjid yang dibangun ini nantinya terbuka untuk segala kegiatan umat dan masyarakat dalam bingkai semangat ber Islam. Masjid mengandung dua fungsi sejalan dengan fungsi panggilan Adzan  yaituhayya’alasshalah (ibadah Mahdhah) dan hayya ‘alal falaah  (ibadah ijtima’iyah). Masjid dan pendidikan juga tidak bisa dipisahkan.Rasulullah dulunya mengajar sahabatnya di Masjid.Kita mengenal universitas ternama al Azhar di Kairo juga berasal dan berbasis dari Masjid.Perpaduan Masjid dan Lembaga Pendidikan Islam ini sangat strategis mengingat sinergi yang akan ditimbulkan berupa pembinaan Masyarakat melalui masjid dan penyiapan generasi qurani di masa datang melalui Lembaga Pendidikan Islam Al Muhsin.
Target pembangunan yang dimaksud dalam proposal inimeliputi:
·         Bangunan Masjid beserta kelengkapan MCK dan Tempat wudhu
·         Ruang Kelas berjumlah 9 ruang diperuntukkan untuk pembelajaran TK Al _Quran, Taman Pendidikan Al-Quran, Ta’limul Quran Lil Aulad, dan Madrasah Diniyah Al Quran
·         Kantor Guru (Ustadz/ah)
·         Ruang perpustakaan
·         Gudang, dapur dll
·         Taman bermain, tempat park

c)    Tujuan
      Memberikan kenyamanan beribadah pada warga dengan tersedianya masjid yang     sudah berada di atas tanah wakaf.
      Memberikan wadah taklim, dan ibadah ijtima’iyah bagi warga mayarakat.
      Memberi kenyamanan bagi pesertadidik dalam mengikuti proses belajarmengajar.
      Memfasilitasi pesertadidik dalam mengembangkan potensi dan bakatnya.
      Menjadi wadahgenerasi muda Qur’aniyangsiapmembawaperubahan umat ke arahyanglebih baik.
      Mencetakgenerasiyang berakhlak muliayangmemiliki perhatian besarterhadap Al-Quran dan As-Sunnah.

d)     Urgensi
1)        Pembangunan Masjid
Agar masyarakat bisa menjalankan ibadah Mahdhah dan ijtima’iyah dengan tenang dan nyaman diperlukan adanya tempat Ibadah berupa Masjid yang berdiri di atas tanah wakaf. Masjid nantinya akan  berfungsi untuk Ibadah mahdhah , taklim, dan ibadah Ijtima’iyah yang akan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan material dan spiriyual masyarakat.
2)        Pembangunan Gedung Lembaga Pendidikan Al Muhsin
Agar peserta didik mampu menjalani proses kegiatan belajar mengajar dengan baik, maka sangat dibutuhkan adanya berbagai unsur untuk mewujudkannya. Diantara hal terpenting dari unsur pendukung itu adalah adanya lokal dan bangunan yang memadai baik dari sisi fisik maupun keindahan lingkungan.
Sebagaimana kita ketahu ibersama bahwa menyiapkan generasi muda yang cerdas, tangguh dan taat beribadah kepada Allah serta berakhlak mulia merupakan tanggungjawab bersama. Dan salah satu solusi dari berbagai masalah dalam kehidupan masyarakat adalah adanya pendidikan yang mampu mendidik generasi muda dalam hal pendidikan agama melalui pengajaran Al- Qur’an yang baik dan benar, dengan tidak mengenyampingkan ilmu pengetahuan umum sebagai faktor penting yang harus kita kuasai saat ini. Oleh karena itu, Lembaga Pendidikan Islamal- Muhsin  memberikan peluang kepada putra-putra berprestasi untuk dapat meraihnya dari pendidikan Al-Qur’an sekaligus mendapatkan arahan-arahan agama sehingga para peserta didik akan menjadi orang- orang yang berilmu dan berakhlaq mulia.

e)    Susunan Panitia
Terlampir
f)    KebutuhanBiayaPembangunan
Terlampir
g)   Rencana Denah dan Gambar.
Terlampir
h)   Penutup
     Demikian proposal  ini dibuat,  besar harapan kami rencana  ini dapat  terealisasikan. Dan semoga  proposal  ini  dapat  ditindak  lanjutoleh  siapapun  yang  ingiikut  andil  dalam merealisasikanya.
            Kami membuka peluang kepadaseluruh calon donatur untuk memberikan donasi sepenuhnya atausebagian bangunan tertentu yang diinginkan sesuai kemampuan. Semoga amal baik anda dapat bermanfaat bagi generasi dan penerus umat dimasa yang akan datang dan mendapat pahala yang besar disisiAlloh SWT.
                                                                                    Banaran, 02 Rajab 1434 H
                                                                                                   13 Mei    2013 M
Panitia Pembangunan
Masjid dan Gedung TKA-TPA-Madrasah Diniyah Al Muhsin
            Ketua                                                                                      Sekretaris


           
            Maryanto, S.Ag                                                                      Arif Muhayat
Mengetahui
Lembaga Pendidikan Islam Al Muhsin
Ketua



Ari Gunawan, M.Pd.I


Alamat Panitia Pembangun
Bunder Pedukuhan IV, Banaran, Galur, Kulonprogo , DIY

Contac tPerson:
-081804181768, 085291804853 (Ari Gunawan, M.Pd.I;Ketua LPI Al Muhsin))
-085868643483 (Maryanto, S.Ag (Ketua Panitia Pembangunan)
- 081328300131, 087839442441 (Suwandi, S.Pd.SD ), Bendahara Panitia Pembangunan)

Facebook:Tpa Al-Muhsin Bunder
Websiite lpialmuhsinjogja.wordpress.com

Rekening Bank:
BRI  : atas nama Lembaga Pendidikan Islam Al Muhsin. No rek : 6923-01-010906-53-7
BPD DIY :atas nama Lembaga Pendidikan Islam Al Muhsin. No. rek:021.231.001672
BCA :atas nama Ari Gunawan, S.Pd.I atau Suwandi. No. rek: 8025053369









PEKERJAAN
: Pembangunan Masji AL-HIKMAH, TKA - TPA - TQA –
  MADARASH DINIYAH AL-MUHSIN
 
LOKASI
: Bunder IV, Banaran, Galur, Kulon Progo, DI. Yogyakarta





NO
URAIAN PEKERJAAN
JUMLAH
A
 PEKERJAAN PERSIAPAN

 Rp                1.000.000,00
B
 PEKERJAAN URUGAN (PERATAAN LAHAN)

 Rp                1.035.000,00
C
 PEKERJAAN GEDUNG RUANG GURU DAN PENGELOLA
 Rp            270.000.000,00
D
 PEKERJAAN GEDUNG MASJID

 Rp            562.500.000,00
E
 PEKERJAAN BANGUNAN RUANG KELAS

 Rp         1.740.000.000,00
F
 PEKERJAAN PAGAR

 Rp            158.400.000,00
G
 PEKERJAAN GAPURA MASUK-KELUAR

 Rp              40.000.000,00

 JUMLAH


 Rp        2.772.935.000,00

 PPN 10 %




 JUMLAH


 Rp        2.772.935.000,00

 DIBULATKAN


 Rp        2.772.935.000,00
 Terbilang : dua milyar tujuh ratus tujuh puluh dua juta sembilan ratus tiga puluh lima ribu rupiah
Kulon Progo, 13 Mei 2013
PANITIA
PANITIA
MARYANTO, S.Ag.
ARIF MUHAYAT, A.Md.
Ketua
Sekretaris




SUSUNAN PANITIA PEMBANGUNAN MASJID AL-HIKMAH,  GEDUNG TKA-
TPA-TQA-MADRASAH DINIYAH AL-MUHSIN
Alamat; Bunder Pedukuhan IV, Banaran, Galur, Kulon Progo, DIY






I.
Pelindung
:
1.
Latnyana, S.Ag, MM ( Camat Galur)
2.
Dwi Haryanto ( Kepala Desa Banaran )
3.
Tumpang (Kepala Desa Kranggan )
II.
Penasihat
:
1.
Rohadi Hadi Prastowo (Kepala Dusun Bunder IV )
2.
HM. Wahib Jamil, S.Ag, M.Pd
3.
Drs. Nuryanto
4.
H. Sarana
5.
Budiharjono
III.
PenanggungJawab
:
 Ari Gunawan , M.Pd.I.( Ketua Lembaga
Pendidikan Islam Al-Muhsin ).
IV.
Ketua
:
1.
Maryanto, S.Ag.
2.
H. Muh Tutur
V.
Sekretaris
:
1.
Arief Muhayat
2.
Danang Ari Wibowo, S.Pd.Jas.
VI.
Bendahara
:
1.
Sujimin, S.Pd.SD
2.
Suwandi, S.Pd.SD
VII.
Konsultan Bangunan
:
Ir. Hamam Muttaqin
VIII.
Seksi Usaha Dana
:
1.
Priyo Santosa, S.H.
(Koordinator )
2.
H. Mulyo Tani
3.
Daliyo
4.
Lasijo
5.
Agung Sutopo, S.Pd
6.
Heri Suryanto
7.
Yunianto
8.
Wardani
9.
Broto Sungkowo
10.
Ade Nugraha, S.Si
IX.
Seksi Humas
:
1.
Muh Supono ( Ket. R.T. 14 )
( Koordinator )
2.
Samidi Adi Wiyoto (Ket. R.T.13 )
3.
Tumadi ( Ket. R.T.  15 )
4.
Kamisa ( Ket. R.T. 16 )
5.
Sunu Murdowo
6.
Suhardi
7.
Nuriyanto
8.
Didik Supriyadi
9.
Sugiyanti
10.
Slamet Riyadi
11.
Bambang Triyanto
X.
Seksi Sarana
:
1.
Ngadilan
( Koordinator )
dan Prasarana
2.
H. Zainuri
3.
Walijan ( Toko Mandiri )
4.
Ari Purwanto
5.
Ari Untung
6.
Juhariyanto
7.
Sumar Widayat
XI.
Seksi Konsumsi
:
1.
Purwo Harjono
( Koordinator )
2.
Udi Wiyono
3.
Slamet Siswanto
4.
Cipto Wiyono
5.
Umirah, S.E.
6.
Watini, S.Pd.SD
XII.
Kepala Tukang
Samidi
XIII.
Seksi Perlengkapan
1.
Suhardi
( Koordinator )
2.
Suryadi
3.
Ari Gunawan (Dk. 4 )
4.
Ganang
5.
Lilik Setiawan
6.
Pemuda Bunder 4.

PANITIA
Ketua 
Sekretaris I
MARYANTO, S.Ag

ARIEF MUHAYAT

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar